SELAMAT DATANG DI BLOG dhanimia0604@gmail.com

Jumat, 30 November 2012

Tutorial Pelajaran IPA Kelas IV SD


Rangka manusia adalah susunan dari berbagai jenis tulang yang terhubung oleh sendi dan digerakan oleh otot. Rangka terdiri dari 3 bagian, yaitu rangka tengkorak, rangka badan dan rangka alat gerak. Bagian-bagian rangka tersebut saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya membentuk tubuh. Rangka tubuh mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan dan kesempurnaan hidup manusia.


Tutorial Pelajaran IPA Kelas IV SD

A.    Standar Kompetensi       :
1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya

B.     Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya

C.    Tujuan Pembelajaran**:
o   Siswa dapat Mendeskripsikan rangka manusia seperti:
  rangka kepala
  rangka badan

o   Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi rangka manusia :
o   Siswa dapat memahami hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya
o   Menjelaskan hubungan antara struktur kerangka tubuh manusia dengan fungsinya.

D.    Materi Essensial
Rangka dan Panca Indera Manusia
o   Mengenal Rangka Manusia
o   Bagian rangka
o   Fungsi rangka

Kerangka manusia
Kerangka manusia terdiri dari kedua menyatu dan individu tulang didukung dan dilengkapi oleh ligamen , tendon , otot dan tulang rawan . Ini berfungsi sebagai perancah yang mendukung organ-organ, jangkar otot, dan melindungi organ seperti otak , paru-paru dan jantung . Tulang terbesar dalam tubuh adalah tulang paha di paha, dan yang terkecil adalah stapes tulang di telinga tengah . Dalam orang dewasa, tulang terdiri dari sekitar 30-40% dari berat total tubuh, dan setengah dari berat ini adalah air.

Tulang Belakang termasuk orang-orang dari panggul dan tengkorak . Tidak semua tulang saling berhubungan langsung: ada tiga tulang di setiap telinga tengah disebut ossicles yang mengartikulasikan hanya dengan satu sama lain. Tulang hyoid , yang terletak di leher dan berfungsi sebagai titik lampiran untuk lidah , tidak mengartikulasikan dengan tulang lainnya di dalam tubuh, yang didukung oleh otot dan ligamen.


1. Rangka berfungsi untuk menguatkan dan menegakan tubuh
Rangka badan dan rangka anggota gerak seperti kaki membuat kita dapat berjalan dan berdiri tegak.
2. Rangka berfungsi untuk menentukan bentuk tubuh
Coba bayangkan jika ada tubuh tanpa rangka? Pasti sangat menyedihkan membayangkan seonggok daging tanpa bentuk. Rangka tubuh membuat tubuh kita berbentuk. Pertumbuhan tulang pembentuk rangka bahkan bisa menjadi ciri fisik dari seseorang, seperti misalnya ada orang bertubuh tinggi atau bertubuh pendek, bertulang besar atau bertulang kecil, berkaki panjang atau berkaki pendek. Dengan adanya Rangka seseorang dapat dibedakan berdasarkan bentuk tubuhnya.
3. Rangka berfungsi sebagai tempat melekatnya otot
Seperti sebatang pohon yang digunakan oleh tanaman menjalar sebagai tempat bertumpuhnya. Begitulah fungsi rangka bagi otot. Untuk dapat berfungsi dengan baik, otot harus melekat pada rangka. Fungsi otot adalah mengerakan rangka, sedang fungsi rangka adalah sebagai tempat melekatnya otot. Dengan begitu dalam sistim mobilisasi, rangka dan otot bekerja sama melakukan suatu gerakan. Misalnya gerakan lengan dipengaruhi oleh kontaksi otot bisep dan trisep yang melekat pada tulang lengan atas.
4. Rangka berfungsi untuk melindungi bagian tubuh yang penting
Rangka terbentuk dari tulang yang keras dan solid. Bentuknya yang keras ternyata berfungsi untuk melindungi bagian dalam tubuh yang cukup rapuh.

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD Relevan Kelas IV

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang sopan.